TIM ZI FDK UIN Suska Riau lakukan Benchmarking ke UIN Salatiga

Fdk.uin-Suska.ac.id- Tim Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sultan Syarif Kasim Riau lakukan kunjungan Benchmarking Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani ke Universitas Islam Negeri Salatiga, Senin (27/11). Kunjungan ini merupakan bukti keseriusan FDK UIN Suska untuk meraih predikat WBK pada pembangunan Zona Integritas di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. TIM terdiri dari Dekan Prof. Dr. Imron Rosidi, S.Pd., M.A, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Prof. Dr. Masduki, M.Ag, Kepala Bagian Tata Usaha, Dosen serta Tenaga Kependidikan. Rombongan TIM Zona Integritas Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau diterima langsung oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan UIN Salatiga, Dr. Suwardi, M.Pd.

“Alhamdulillah, hari ini kita dapat berjumpa dalam kegiatan benchmarking. Adanya kunjungan ini menandai jalinan persaudaraan antara UIN Salatiga dan UIN Suska Riau. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak,” ujar Dr. Suwardi.

Pada kesempatan itu, Wakil Rektor II UIN Salatiga mengatakan bahwa proses membangun Zona Integritas menuju WBK/WBBM adalah proses yang panjang dan berliku. “Untuk mencapai WBK, semua bagian harus turut serta. Selain itu, kita juga dituntut bersabar untuk mencapai predikat tersebut,” lanjutnya.

Dekan FDK UIN Suska Riau, Prof. Dr. Imron Rosidi, S.Pd., M.A menyampaikan apresiasi atas kesediaan dan kesempatan yang diberikan UIN Salatiga dalam menerima kunjungan tersebut, “Kami sangat terkesan dengan penyambutan yang diberikan oleh UIN Salatiga. Terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan.”

Dalam kesempatan yang sama Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau juga menjelaskan bahwa pihaknya telah ditunjuk menjadi pilot project pembangunan Zona Integritas di UIN Suska Riau, “Sejak 2021 yang lalu kami telah menerima amanah untuk menjadi pilot project pembangunan ZI di UIN Suska Riau. Semoga dengan kedatangan kami di UIN Salatiga, kami bisa banyak belajar sehingga kami bisa mengikuti jejak UIN Salatiga yang berkembang pesat dalam beberapa tahun belakangan.”

Selanjutnya, kegiatan ini dilanjutkan dengan sesi diskusi antara Tim ZI FDK UIN Suska Riau dengan tim ZI UIN Salatiga yang dipimpin langsung oleh Kepala Bagian Umum dan Akademik, Diyah Rochati, M.H.

“Kunci dalam membangun reformasi birokrasi di satuan kerja adalah dengan menertibkan administrasi/eviden. Hal itu dikuatkan dengan adanya inovasi yang bermanfaat dan komitmen yang kuat dari semua lapisan yang ada di satuan kerja. Tanpa sinergi yang kuat predikat ZI menuju WBK/WBBM akan sulit tercapai,” jelasnya mengawali pemaparan.

Lebih lanjut, Koordinator Lapangan Pembangunan ZI UIN Salatiga itu menyatakan bahwa dukungan dari pimpinan juga berperan penting dalam pembangunan ZI, “Tanpa adanya dorongan dari pimpinan, staf lainnya akan susah mencapai tujuan. Yang tidak kalah penting adalah peran Agen Perubahan di satuan kerja. Peran Agen Perubahan tidak hanya di dalam kampus tetapi juga di luar kampus. Karena sejatinya ZI bukan hanya soal tertib administrasi tetapi juga bagaimana satuan kerja dapat melayani masyarakat.”

Setelah sesi diskusi, Tim ZI dari kedua PTKIN berkeliling untuk melihat secara langsung beberapa inovasi Zona Integritas yang ada di UIN Salatiga.

About pipir romadi

Check Also

FDK TERIMA KUNJUNGAN INTERNATIONAL STUDENT MOBILITY FAIS PRINCE SONGKLA UNIVERSITY

Fdk.uin-suska.ac.id. Fakultas Dakwah dan Komunikasi terima kunjungan International Student Mobility dari Fakultas Islamic Sciences Prince …