Fakultas Dakwah dan Komunikasi berkerja sama dengan TVRI Taja Talk Show Pemilu”

Talkshow yang diadakan oleh TVRI Riau bertemakan “Peranan Pemilih Pemuda bagi Pemilu tahun 2024”

Pekanbaru, 21 Oktober 2023- Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau mengikuti acara talkshow yang diadakan oleh TVRI Riau pada hari Sabtu, 21 Oktober 2023 di gedung teater Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Acara ini mengangkat tema “Peranan Pemilih Pemuda
bagi Pemilu tahun 2024”

Acara ini digelar guna meningkatkan peran pemuda untuk menyukseskan Pemilu yang akan di adakan pada tahun 2024. Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 150 mahasiswa dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau. Dalam Talkshow ini juga menghadirkan 3 narasumber yaitu Prof. Dr. Imron Rosidi, S.Pd, M.A, selaku Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau, Firdaus, S.H dari Komisi Pemilihan Umum Riau, Datuk Toni Herdiansyah, S.Si, yang merupakan tokoh adat LAM (Lembaga Adat Melayu Riau).

Dalam acara ini, ketiga narasumber menjelaskan bahwasanya pemuda memiliki peran yang sangat penting untuk Pemilu 2024, dikarenakan generasi Z sangat mendominasi pemilu tahun 2024 mendatang.
Firdaus, S.H selaku perwakilan dari KPU Riau menyampaikan bahwa ada dua peran yang bisa dilakukan pemuda untuk pemilihan nanti, pemuda bisa mengedukasi masyarakat sekitar dengan cara tentunya pada hari ini mendapatkan reportasi terkait dengan kepemiluan, selanjutnya bisa dilakukan dalam konteks pelaksanaan pengawasan atau pemantau Pemilu yang bisa di daftarkan ke KPU.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Prof.Dr. Imron Rosidi, S.Pd., M.A juga menyampaikan “Pemilu merupakan hal yang penting karena juga termasuk proses pergantian kepemimpinan dan kekuasaan, dan merupakan peluang yang harus dimanfaatkan oleh pemilih pemula dalam konteks digital. Pemilu merupakan gerakan penting untuk Indonesia yang bisa di sosialisasikan di Media Sosial. Juga pemilih pemula harus mengcounter isu isu negative pemilu. Jangan terbawa arus dan melibatkan emosi namun mengunakan logika yang positif, bahwa memilih pemimpin berdasarkan kemampuannya dan perubahan yang akan dibawa untuk Indonesia”

Selain itu, tokoh adat Melayu Riau, Datuak Toni Herdiansyah, S.Si juga menyampaikan harrapannya seluruh pemilih pemula benar benar menggunakan hak pilihnya untuk pemilu tahun 2024 mendatang. Kegiatan ini mendapatkan antusias yang luar biasa dari seluruh mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau yang nantinya akan berpartisipasi untuk Pemilu 2024.

About pipir romadi

Check Also

FDK UIN SUSKA KEMBALI LAKUKAN SOSIALISASI PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WBK DAN WBBM PASCA LOLOS PENILAIAN PENDAHULUAN

Fdk.uin-suska.ac.id. Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau resmi ditunjuk sebagai pilot project pembangunan zona …