Home / Program Studi / Bimbingan Konseling Islam

Bimbingan Konseling Islam

Visi

”Terwujudnya Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam yang unggul dan kompetetif dengan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman berbasis ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni pada tingkat dunia pada tahun 2023”.

Misi

Untuk merealisasikan Visi Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, disusunlah misi Prodi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis integrasi keilmuan Bimbingan dan Konseling Islam yang berkualitas secara akademik untuk melahirkan lulusan yang unggul dan kompetitif.
  2. Melaksanakan penelitian untuk mengembangkan Bimbingan dan Konseling Islam.
  3. Memanfaatkan Bimbingan dan Konseling Islam untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai kontribusi terhadap pembangunan akhlakul karimah.
  4. Mengembangkan sumber daya insani yang mempunyai kapasitas, integritas, dan etos untuk melaksanakan tridarma perguruan tinggi berbasis Bimbingan dan Konseling Islam.

Tujuan

Kompetensi Prodi yang akan dicapai oleh Prodi Bimbingan dan Konseling Islam yang terangkum dalam tujuan jangka panjang dan jangka pendek. Kedua tujuan ini dijabarkan dari tujuan universitas dan fakultas. Tujuan jangka panjang mencakup kegiatan akademis berkelanjutan dalam jangka waktu lima tahun dan tujuan jangka pendek terkait dengan kegiatan akademik dalam tiap tahun akademik.

Tujuan Jangka Panjang

  1. Meningkatkan kualitas Prodi Bimbingan dan Konseling Islam yang unggul dan bertaraf Internasional dalam menghasilkan tenaga konselor yang profesional, berkualitas dan bertaqwa kepada Allah SWT.
  2. Menggiatkan program peningkatan kinerja layanan berbasis mutu secara berkelanjutan menuju peningkatan efisiensi dan produktivitas disertai dengan peningkatan kesejahteraan sumber daya manusia.
  3. Menguatkan program jejaring dengan lembaga-lembaga dan perguruan tinggi lain untuk meningkatkan keilmuan (up date knowledge) dalam bidang Bimbingan Konseling Islam.

Tujuan Jangka Pendek

  1. Menghasilkan konselor yang memiliki wawasan, pengetahuan, keterampilan dalam bidang Bimbingan dan konseling Islam dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Menghasilkan konselor yang mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Menghasilkan konselor yang mampu melakukan penelitian dalam bidang konseling Islam untuk meningkatkan mutu pembelajaran serta berkontribusi dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Mewujudkan sumber daya manusia yang bertanggungjawab, disiplin, sesuai dengan aturan yang berlaku di institusi.
  5. Memfasilitasi dosen untuk mengikuti berbagai kegiatan pelatihan, workshop, seminar baik lokal maupun internasional dalam bidang bimbingan konseling Islam.
  6. Mewujudkan pengelolaan kelembagaan secara efektif dan efisien sebagai upaya peningkatan mutu Prodi Bimbingan dan Konseling Islam.

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Sasaran

Sasaran yang ingin dicapai oleh Prodi Bimbingan dan Konseling Islam adalah sebagai berikut:

  1. Lulusan yang memiliki kemampuan akademik dan profesional dalam bidang bimbingan konseling Islam, yang bertakwa kepada Allah, berbudi pekerti luhur, bermartabat, bertanggung jawab, serta berwawasan luas.
  2. Lulusan yang mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, melakukan penelitian dalam bidang bimbingan konseling islam serta berperan aktif dalam melaksanakan pengabdian pada masyarakat.
  3. Lulusan yang siap kerja yang memiliki wawasan dan keterampilan pedagogis, metodologis, dan managerial dalam bidang bimbingan bimbingan konseling islam.

Profil Lulusan Program Studi

Merujuk dari sasaran yang akan dicapai oleh Prodi Bimbingan dan Konseling Islam diatas, maka dirumuskanlahprofil lulusan Prodi Bimbingan dan Konseling Islam sebagai berikut:

  1. Pembimbing dan Konselor Islam: Sarjana sosial yang berkepribadian baik,berpengetahuan luas dan mutakhir serta menguasai dan mampu menerapkan di bidang konselor keluarga dan masyarakat, konselor industri dan karir, dan konselor di bidang pendidikan
  2. Asisten Peneliti Sosial Keagamaan: Sarjana sosial yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas penelitian sosial keagamaan berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian
  3. Motivator Islam: Sarjana sosial yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutahkir di bidangnya serta menguasai dan mampu menerapkan tugas motivator keislaman di bidang sosial keagamaan, pendidikan, dan kesehatan.
  4. Terapis lslam: Sarjana sosial yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta menguasai dan mampu menerapkan tugas di bidang terapi

 

Pimpinan Prodi Bimbingan Konseling Islam

Ketua

Sekretaris

Staff Layanan Akademik

Staff Akademik/Admin Iraise

 

 

Listiawati Susanti, S.Ag., M.A

Rosmita, S.Ag., M.Ag

Melyana Susanti, S.E

Maemus Padri, S.Pd.I

Dosen Prodi Bimbingan Konseling Islam

  1. Dr. H. Miftahuddin, M.Ag
  2. Dr. Yasril Yazid, MIS
  3. Dr. Azni, M.Ag
  4. Drs. H. Suhaimi, M.Ag
  5. Zulamri, M.Ag
  6. Rahmad, M.Pd
  7. Nurjanis, S.Ag., M.A
  8. Listiawati Susanti, S.Ag., M.A
  9. Fatmawati, M.Ed
  10. Reizki Maharani, M.Pd

раскрутка брендарумяна нанесениеvkbot-pro.comubytrjvfcnbzcatdog.xyzавтодоставка