Home / Berita / Forum Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi se-Indonesia Gelar Pertemuan di Palembang

Forum Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi se-Indonesia Gelar Pertemuan di Palembang

Pekanbaru, FDK.com – Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi se Indonesia gelar pertemuan di Palembang, Sumatera Selatan. Rabu-Kamis (17-19/3/2021)

Seluruh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi se Indonesia menghadiri Pertemuan  Forum Dekan di Palembang Sumatera Selatan. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari dimulai sejak rabu, 17 Maret 2021 sampai dengan Jum’at 19 Maret 2021 berlokasi di Hotel Buston  Kota Pelambang. Selaku Penyelenggara Tuan Rumah adalah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang. Acara berlangsung sukses dengan mengusung tema “Penguataan Peran Dakwah Bagi Organisasi dan Sertifikasi Lembaga di Era 5.0” dari hasil pertemuan ini disepakati beberapa poin penting hal-hal yang akan direkomendasikan Forum Dekan Dakwah dan Komunikasi se Indonesia kepada Dirjen Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Republik Indonesia diantaranya :

  1. Program Studi Manajemen Haji dan Umroh secara struktural ditempatkan pada Fakultas Dakwah sehingga perlu perubahan PMA No….Pada aspek penempatan prodi dan gelar keserjanaan
  2. Lulusan Prodi Manajemen Haji dan Umrah secara otomatis memiliki kompetensi sebagai pembimbing haji dan umrah
  3. Penyelenggaraan sertifikasi profesi Penyuluh, Konselor Islami, Profesi Da’i. dan pembimbing haji dan umroh adalah Fakultas Dakwah dan Komunikasi
  4. Nomenklatur fakultas sebaiknya diseragamkan dengan nama Fakultas Dakwah dan Komunikasi
  5. Nomenklatur prodi diseragamkan
  6. Gelar kesarjanaan harus disesuaikan dengan kompentensi inti Program Studi (gelar diserahkan kepada masing-masing PTKI)
  7. SKPI (surat keterangan pendamping ijazah) diperkuat dengan adanya lembaga sertifikasi profesi di fakultas, sehingga lulusan Fakultas memiliki
  8. Profesi Penyuluh Sebaiknya menjadi prioritas bagi lulusan Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) dan Bimbingan Konseling Islam (BKI)

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh para Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi serta para pimpinan prodi, ketua prodi dan sekretaris prodi di bawah naungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Tampak hadir Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Dr. Nurdin, M.A Bersama rombongan yaitu Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Azni, M.Ag, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Dra. Atjih Sukaesih, M.Si, Sekretaris Prodi Manajemen Dakwah Khairuddin, M.Ag dan Sekretaris Prodi Pengembangan Masyarakat Islam Muhlasin, M.Pd.I.

 

Sumber. Pipir Romadi, Muhlasin

About Admin FDK

Check Also

Awali Perkuliahan Semester Genap 2020/2021 dengan Pertemuan Dosen Secara Virtual

Pekanbaru, FDK.com – Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, mengawali perkuliahan Semester …