Isi kuliah Umum di UIN Suska Riau : Dirjen PHU ajak sivitas akademika berkontribusi untuk ibadah Haji Tahun depan

Fdk.ac.id Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Suska Riau gelar kuliah umum Fakultas pada Jum’at (15/09/2023) yang bertempat di gedung rektorat lantai V UIN Suska Riau. Dengan mengusung tema “ Penyelenggaraan Ibadah Haji di Indionesia”. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa baru FDK yang berjumlah lebih kurang 492 orang. Turut hadir dalam kegiatan ini Kakanwil kemenag Provinsi Riau yang diwakili oleh Kabid PHU Kanwil Kemenag Provinsi Riau, Kakan Kemenag Kota Pekanbaru, Wakil Rektor III UIn Suska Riau, Dekan FDK serta segenap unsur pimpinan FDK.

Selain kuliah umum Fakultas penandatanagan perjanjian kerjasama antara UIN Suska Riau dengan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementrian Agama Repeblik Indonesia juga dilakukan. Kerjasama yang di sepakati di bidang pelaksanaan Program Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji dan Umrah dan Kajian Perhajian

Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr.H. Hairunas, M.Ag membuka secara langsung penyelenggaraan Kuliah Umum ini, dalam sambutanya beliau mengharapkan ibadah haji Tahun depan agar bisa melibatkan UIN Suska Riau “ ketika pelaksanaan haji tahun ini saya bepergian dengan pak dirjen dan ketika bersama beliau saya menyampaikan agar penyelenggaraan haji tahun depan bisa melibatkan UIN Suska Riau untuk penyelenggraan nya , salah satunya dengan memberikan pengutan Psikologis pada kegiatan pembimbingan haji,seperti halnya ibadah haji tahun ini dengan mengambil tagline Ramah lansia , saya mengamati ketika orang tua yang melaksanakan haji bahkan sangat sepuh sekalipun realitas nya mereka semangat melaksanakan ibadah haji dengan baik karena psikologi nya baik. Maka dari itu hendaknya pembimbing haji memiliki psikologis yang matang sehingga bisa merawat rasa kepedulian terhadap manusia atau Sense of belonging tanpa memikirkan hal lain” ujar Rektor UIN Suska Riau.

Dikesempatan yang sama Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Prof. H. Hilman Latief, MA, PhD menyampaikan bahwa “Berdasarkan evaluasi Kerjasama Dirjen PHU dan Fakultas Dakwah UIN Suska Riau ternyata ditemukan sertifikasi yang dilakukan di Riau masih sangat minim oleh karena itu kedepanya saya berharap kepada pak rektor dan pak dekan kegiatan sertifikasi nya bisa di tinjau kembali karena memang pembimbing ibadah haji itu masih dominan ada di daerah jawa, Oleh karena itu saya berharap UIN Suska Riau untuk di daerah Riau bisa mengambil peranan yang besar” ujar Prof Hilman.

Dirjen PHU juga mendorong dan memberikan motivasi tinggi kepada mahasiswa agar bisa berangkat haji di usia yang produktif , beliau juga menghimbau kepada mahasiswa agar bisa mendaftar haji dimulai dari sekarang karena tiap tahun nya semakin banyak yang mendaftarkan haji sedangkan kuota haji terbatas.

About pipir romadi

Check Also

Gelar Sekolah Kebangsaan dengan Tema , “Memangnya Suara Remaja Didengar?”FDK UIN Suska Gandeng Mafindo

Ratusan mahasiswa antusias mengikuti sekolah kebangsaan yang diselenggarakan oleh Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) UIN …